Penting Untuk Ayah Bunda – Umur Melatih Anak Puasa?

posted in: Artikel | 0

Umur Melatih Anak Puasa – Ya, bisa jadi Ayah Bunda kebingungan menentukan saat umur berapa anak mulai berpuasa. Hal tersebut wajar karena masing-masing dari kita mengalami latihan puasa yang berbeda-beda. Ayah bisa jadi berlatih puasa sejak umur 6 tahun, Bunda bisa jadi mulai berpuasa sejak umur 8 tahun. Nah, untuk menengahi hal tersebut, kami posting-kan artikel dari majalah Islami Media Umat  edisi 198 yang membahas umur berapa sebaiknya melatih anak berpuasa, seperti apa bentuk melatih anak puasa yang tepat. Judul asli artikel tersebut adalah “Kapan Anak Mulai Bisa Dilatih Berpuasa?“, semoga bermanfaat buat Ayah Bunda semua.
Assalamualaikum Wr Wb

Alhamdulillah bulan Ramadhan telah tiba. Bulan yang penuh rahmat dan berkah. Bulan yang penuh pengampunan dan pembebasan dari api neraka. Saya memiliki 2 anak, yang pertama kelas 1 SD, kedua kelas TK A masih berusia 4 tahun. Kakaknya sudah mulai berlatih puasa. Saya coba bujuk di adik untuk ikut berpuasa kok belum mau ya, sebenarnya sejak usia berapa anak sudah boleh dilatih berpuasa? Terimakasih untuk jawabannya.

Wassalamualaikum Wr Wb.

HM – Bogor

Wa alaikumusalam Wr Wb

Ibu HM yang baik,
Ramadhan memang bulan yang senantiasa dinantikan oleh kaum Muslimin. Dialah bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan.
Seandainya manusia mengetahui kebaikan-kebaikan bulan Ramadhan, niscaya meraka mengharapkan sepanjang tahun adalah bulan Ramadhan” (HR Ibnu Abi Dunya)

Ibu HM yang baik,
Ibadah wajib seperti shalat 5 waktu, puasa Ramadhan dan ibadah wajib lainnya, sejatinya hanya diwajibkan untuk anak-anak yang telah mencapai usia baligh. Karena mereka sudah terbebani hukum, jika meninggalkan kewajiban-kewajiban itu akan berdosa. Meski demikian, sebagaimana ibadah-ibadah ritual lainnya, puasa Ramadhan memerlukan latihan, tidak serta merta begitu saja dilaksanakan setelah anak memasuki usia baligh. Seperti ibadah shalat misalnya, Rasulullah SAW memerintahkan para orang tua untuk mengajak anak shalat pada usia 7 tahun. Padahal, wajibnya shalat ya ketika anak sudah baligh. Begitu halnya dengan puasa Ramadhan. Meski ada proses latihan.

Ibu HM yang baik,
Para sahabat Rasulullah SAW pun melatih anak untuk melakukan puasa jauh sebelum anak-anak mereka baligh. Seperti tampak dalam sebuah kisah, ketika Rasulullah SAW mengutus seseorang pada hari Asyura ke perkampungan orang-orang Anshar dan bersabda :
Siapa yang pagi ini shaum hendaklah ia shaum dan menyempurnakan puasanya. Maka kami pun menyempurnakan puasa hari itu dan kami mengajak anak-anak kami shaum. Mereka kami ajak ke masjid, lalu kami beri mereka mainan dari benang sutra. Jika mereka menangis minta makan kami berikan mainan itu sampai datang waktu berbuka” (HR Bukhari Muslim)

Umur Melatih Anak Puasa
Ilustrasi Anak Bermain Saat Bulan Puasa

Ibu HM yang baik,
Jika dilihat dari perintah melatih shalat pada anak, maka melatih ibadah puasa pun dapat dilakukan saat anak mulai usia 7 tahun. Apakah langsung boleh puasa penuh sampai maghrib? Jika anak kuat dan tidak membahayakan kesehatan, tentu saja boleh. Lalu bagaimana untuk anak yang usianya 4 tahun? Dibawah usia 7 tahun boleh dikenalkan. Namanya ‘mengenalkan’ artinya sesekali, sesuai dengan kemauan, dan kemampuan anak, tidak memaksanya. Mengenalkan juga bisa dilakukan dengan membuat suasana berpuasa di sekitar ananda. Misal, mengajak ananda menyambut datangya bulan Ramadhan, membantu menyiapkan makanan berbuka puasa di sore hari, membangunkannya waktu sahur, tidak makan minum di depan orang yang sedang berpuasa, mengundang kawan-kawan dekatnya berbuka puasa di rumah, mengajak shalat tarawih berjamaah di masjid, menyuruh ananda mengantar makanan ke masjid untuk orang yang berbuka puasa, lebih menggemarkan berinfak, shadaqah dan lainnya.

Ibu HM yang baik,
Pendidikan puasa bagi balita pertama kali adalah dengan membiasakan mendengar istilah-istilah terkait dengna puasa, kemudian mengajaknya ikut melakukan berbagai macam kegiatan puasa. Sampaikan pada ananda tentang keberkahan bulan Ramadhan, kisah-kisah menarik seputar Ramadhan. Pengalaman-pengalama masa kecil Anda pun akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Perasaan senang tanpa tekanan dalam beribadah sangat penting bagi anak. Kondisikan lingkungan bermain dan kehidupan sehari-hari ananda selama Ramadhan dengan menyenangkan sehingga ananda akan tertarik untuk mulai turut mencoba.

Berikan pujian jika ananda mau bangun sahur. Kemudian ajaklah ia berpuasa sesuai dnegna kemampuannya. Andaikata ananda hanya mampu berpuasa hingga jam 8 atau 9 pagi, buatkan makanan/makanan untuknya. Gunakan istilah ‘berbuka puasa’ pada waktu ia minum dan makan. Sesudah itu mintalah untuk melanjutkan puasanya kembali. Mungkin belum sampai sore ananda sudah tidak kuat dan ingin makan dan minum, Anda bisa memotivasinya agar tetap bertahan. Jika tidak mau biarkan dia “berbuka puasa” kembali. Selamat puasa, semoga keberkahan Ramadhan akan Anda dan keluarga dapatkan. Aamiin []

========

Terimakasih sudah berkenan menyimak hingga akhir artikel yang membahas tema umur melatih anak puasa di situs kaos muslim brand Kaos Bapak Sholeh ini. Kami menyadari setiap anak memiliki kemampuan masing-masing. Sebagai orang tua, Ayah Bunda harus pintar-pintar untuk mengoptimalkan potensi anak. Tentu juga potensi anak untuk melakukan ibadah kepada Nya juga. Jazakumullah khairan katsir.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply