Referensi Desain Sekat Ruangan Kreatif Yang Minim Biaya

posted in: Artikel | 2

Tahukah bunda, bahwa setiap raungan dalam rumah tak hanya dipisahkan oleh tembok saja. Untuk memberikan kesan lebih menyatu dan luas maka bisa menggunakan sekat-sekat ruangan. Jika pemilihan sekat ruangan disepelekan dan dianggap remeh maka hasil akhirnya pun bisa jadi tak nyaman dipandang. Namun, kebalikannya jika pemilihan sekat ruangan tepat maka akan memberikan nilai lebih dari visual dan lebih fungsional.

Tidak mengherankan jika sebagian orang memilih untuk menyekat ruangannya dengan material seperti besi, kaca, dan lain sebagainya. Namun, jangan khawatir dengan sentuhan kreativitas maka bisa meminimalkan biaya untuk sekat ruangan. Maka dengan ide tersebut menjadikan ruangan lebih estetis dan indah.

Merencanakan Sekat Ruangan Kreatif Yang Tidak Menguras Dana

Untuk membuat sekat rumah tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Ada beberapa bahan material murah yang menjadikan sekat rumah tampil kekinian dan modern. Berikut ini ulasan spesia untuk Ayah dan Bunda semua:

Irit budget dengan memanfaatkan

Untuk menghadirkan suasana lebih hidup dan natural maka sekat ruangan bisa berasal dari potongan bambu. Potongan bambu tersebut bisa disejajarkan sama rata ataupun berbeda kemiringannya serta diameter berbeda untuk menciptakan macam-macam gaya dan suasana ruangan. Sekat ruangan bambu dapat dikombinasikan pada ruang dengan gaya interior oriental untuk keserasian visual yang menarik. Supaya tampil lebih indah maka sekat bambu ini bisa ditambahkan dengan bunga-bunga asli seperti anggrek.

Sekat ruangan geometris dari kayu bekas, sumber morningchores.com
Sekat ruangan geometris dari kayu bekas, sumber morningchores.com

Irit budget dengan ranting dan dahan pohon

Sekat ruangan bernuansa natural selanjutnya yaitu dahan dan ranting pohon. Umumnya ranting dan dahan ini menjadi sampah yang dianggap tak berguna. Namun, jangan salah dahan pohon ini bisa diaplikasikan dengan menaruhnya diatas pot panjang. Untuk penataan bisa rapat sehingga memberikan kesan privat pada ruangan.

Penyekat ruangan dari kayu, sumber miragestudio7.com
Penyekat ruangan dari kayu, sumber miragestudio7.com

Sedangkan untuk kesan lebih terbuka maka bisa menggunakan dahan yang lebih besar dan penataan yang longgar. Sekat ruangan dengan material ini bisa menjadi pilihan untuk ruangan yang memiliki gaya natural. Supaya lebih epik berikan sentuhan pencahayaan dari bawah, sehingga sorotan lampu tersebut lebih dinamis karena formasi dari unsur alami tersebut.

Irit budget dengan potongan pralon sebagai sekat

Sekat ruangan selanjutnya yang rendah biaya yaitu bahan material berupa potongan pralon. Tak terlalu susah untuk membuat sekat ruangan dengan bahan dasar ini. untuk sekat ruangan lebih tertutup maka bisa mengaplikasikan potongan pralon dengan diameter kecil. Sementara, untuk sekat lebih terbuka dapat menggunakan pralon dengan diameter lebih besar. Contoh penggunaan sekat ini bisa diterapkan di kamar mandi, terutama desain kamar mandi yang minimalis.

Dengan mengombinasikan bermacam-macam ukuran pralon maka bisa menambah ruangan terlihat lebih modern dan dinamis. Tidak hanya tampak estetis saja, namun membuat sekat gaya ini mudah dilakukan oleh siapa saja dengan budget yang minim. Jangan takut untuk melakukan eksplorasi gaya sekat ruangan rumah untuk lebih estetis dan nyaman.

Baca juga: Manfaat bulan madu untuk rumah tangga bahagia.

Irit budget dengan tanaman gantung

Sekat ruangan berikutnya yang tak kalah bernuansa alami yaitu dengan tanaman gantung. Selain tanaman gantung, bisa pula menggantinya dengan tanaman vertikal sehingga menghadirkan ruangan yang lebih segar dan menjadi lebih menarik. Untuk menahan tanaman tersebut bisa menggunakan pipa ataupun tambang. Sedangkan untuk menyekat ruangan yang lebih privat maka bisa menggunakan tanaman rambat.

Penyekat ruangan kreatif dari tanaman, sumber pinkpeonies.co
Penyekat ruangan kreatif dari tanaman, sumber pinkpeonies.co

Jadi itulah beberapa referensi yang dapat dijadikan acuan untuk menghadirkan sekat ruangan alami. Meskipun dengan biaya yang minimal dengan kreativitas maksimal dapat mengubah hunian tidak hanya estetis tetapi bernuansa mewah dan kasual.

Tak perlu khawatir dengan budget yang membengkak ya Bun. Bunda bisa membuat sendiri atau dikenal juga dengan istilah Do It Yourself (DIY). Namun jika tidak ingin report, lebih praktis jika memakai jasa konsultan interior. Anda bisa memanfaatkan google untuk mencari di internet. Misal jika tinggal di Jogja, cukup ketik jasa desain interior Jogja. Tinggal ganti dengan nama kota dimana Bunda tinggal saja. Mudah bukan?

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

2 Responses

  1. Miko

    waw terlihat sangat ramah lingkungan sekali ya partisinya. tapi saya rasa sekat dengan model seperti itu tidak cocok bagi mereka yang menginginkan privasi optimal dimana partisi harus sangat tertutup tanpa celah. kalau dikantor2, kebanyakan menggunakan partisi kantor yang benar-benar tertutup.

Leave a Reply