Ini Dia 12 Cara Merawat Kaos Oblong KESAYANGAN

posted in: Artikel | 0

Kaos adalah pakaian sehari-hari yang nyaman dipakai. Dalam dunia fashion kaos juga mendapat tempat tersendiri. Dari kalangan rakyat kecil, menengah, artis, pejabat, ustad semua pada suka pakai kaos. Termasuk dari berbagai kelompok umur, dari bayi, remaja, orang tua hingga kakek-kakek pun banyak yang suka kaos. Saat ini berkembang banyak desain yang keren dan genre dari kaos (T-shirt). Kami tidak merekomendasikan wanita memakai kaos untuk keluar rumah lho ya, karena pakaian wajib bagi kaum hawa untuk keluar rumah adalah jilbab (baca : baju kurung alias gamis).

Baca juga : Hukum Bekerja Menjual Pakaian Seksi

Tak ingin kan ya, kaos kesayangan kita cepat rusak? Ingin tahu cara merawat kaos kesayangan kita dengan baik. Simak selusin tips merawat kaos kesayangan Anda :

1. Pisahkan Saat Pencucian
Pisahkan kaos-kaos yang berwarna kuat, seperti merah, hitam, biru dengan kaos berwarna putih. Apa gunanya? Gunanya untuk mencegah kaos berwarna kuat tersebut luntur. Jika luntur kan akan mengenai kaos putih kita. Pisahkan pula kaos yang kotor sekali dengan yang kurang kotor, agar tidak terjadi donasi kotoran.

2. Jangan disikat
Kaos kebanyakan berbahan katun yang halus dan lembut. Hindari menyikat kaos karena akan merusak tekstur kain. Perasan dan kucekan yang kuat juga akan merusak kain dan sablon.

3. Jangan Direndam Terlalu Lama
Kaos baru yang akan pertama kali dicuci jangan direndam terlalu lama, cukup 30 menit saja. Untuk kaos lama tidak boleh lebih dari 1 jam. Detergen dapat menyebabkan sablon kaos cepat rusak dan terkelupas. Ini nih masalah para mahasiswa biasanya, he he.

4. Jemur Terbalik
Sinar matahari memiliki pancara energi yang cukup kuat. Hal tersebut bisa mengakibatkan warna kaos dan sablon memudar. Nah, tips nya jemur kaos Sahabat dengan posisi terbalik. Bagian dalamnya ada di luar, sehingga bagian yang ada sablonnya terlindungi.

5. Hindari Pemutih
Hindari mencuci kaos bersablon dengan pemutih / detergen yang mengandung pemutih. Hal ini karena reaksi kimia pemutih dapat mengakibatkan sablon menjadi luntur / terkelupas. Disamping itu juga membuat kaos lebih cepat tipis dan kasar.

6. Jangan Digantung
Memakai hanger pada bagian leher kaos ternyata dapat mengakibatkan kaos melar. Kenapa bisa melar, karena beban air pada kaos menarik leher yang digantung di hanger. Hindari juga tali/kawat jemuran. Ingat tekstur kain yang halus bisa rusak akibat tali dan kawat jemuran.

7. Hindari Mencuci Dengan Mesin Cuci
Cara alami mencuci kaos memang lebih baik. Mesin cuci mengakibatkan kaos menjadi melar, sablon cepat rusak dan pori-pori kasar. Karena saat diputar, kaos akan serasa ditarik-tarik, juga akibat gesekan-gesekan disekitarnya.

8. Setrika
Pastikan menyetrika kaos yang kering, tentu dengan mengatur suhunya. Sehingga kaos bisa awet. Untuk kaos putih, hindari menyetrika pada bagian sablon ya.

9. Segera Cuci Jika Kena noda
Jika kaos kita terkena noda, segera cuci pada bagian yang terkenan noda dengan air jika bisa. Namun jika susah, pakailah shampoo/ detergen. Gosok dengan air bersih hingga noda menghilang.

10. Jangan Dipakai Tidur
Tahu nggak alasan kenapa jangan pakai kaos untuk tidur? Karan kaos akan menjadi cepat molot, khususnya pada gaian leher. Nah biasanya saat tidur kita akan berkeringat, apalagi kondisi globar warming saat ini. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan Jogja. Di daerah-daerah pun sudah mulai panas. Jika keringat bertemu debu hal itu akan menjadi kombinasi sempurna untuk membuat kaos kita rusak. Sayang kan kaos keren kita cepet rusak.

11. Pakai Seperlunya
Jangan kering pakai kering pakai ya, pakai cukup seperlunya saja. Kalo kata orang jawa jangan renggo, garing dinggo (kering dipakai) he he. Maka ada baiknya kita punya stok kaos yang banyak. Apalagi kaos dakwah. (iklan mode on.. he he)

12. Simpan Ditempat Yang Aman
Simpan kaos kita ditempat yang kering, karena tempat lembab akan mengakibatkan kaos kita terkena jamur. Jauhkan dari kecoa, cicak dan tikus. Sayang kan jika kaos keren dijadikan ajang asah gigi oleh siti (Si Tikus)

Nah, itu tadi selusin cara merawat kaos agar awet. Termasuk untuk kaos distro muslim juga bisa. Kok susah amat ya? He he.. Ingat asal ada kemauan ada jalan. Jika bingung jangan pakai kaos nya dulu.. (big smile)

Terinspirasi dari artikelnya distrocouple

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *