5 Tips Dasar Agar Anak Makin Cerdas (PENTING)

posted in: Artikel | 0

Tips dasar agar anak makin cerdas ini kami buat karena setiap orang tua tentunya mendambakan memiliki anak yang sehat dan cerdas bukan? Sebagai orang tua kita bisa mengupayakan hal-hal pada area yang bisa kita kuasai untuk membentuk anak yang lebih cerdas. Ingat ya, mendidik anak merupakan tanggung jawab besar dari orang tua, bukan hanya Bunda, namun juga Ayah. Agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Diatas kami menyampaikan bahwa mendidik anak adalah tanggung jawab Ayah juga. Ini penting kami tekankan, mengingat banyak yang berfikir bahwa tugas Ayah hanyalah mencari nafkah saja, ansich. Padahal anak membutuhkan sosok yang bisa mengarahkan dari kedua orang tuanya. Ada bagian-bagian yang itu cocok diajarkan oleh Ibu, namun ada bagian yang terkadang harus diajarkan oleh Ayah. Jadi, peran Ayah & Ibu saling melengkapi dalam mendidik anak.

Tips Dasar Agar Anak Makin Cerdas
Foto Anak Lucu | via unsplash.com

Kami tuliskan lima tips dasar soal mengasuh anak agar bisa tumbuh pintar. Tips-tips dasar pun sangat mudah dan bisa langsung dicoba. Untuk itu, yuk ikuti penjelasan lebih detailnya di sini, Ayah Bunda.

Gunakan Intonasi Tinggi Saat Berbicara
Penelitian dari Boston University mendapatkan hasil bahwa berbicara dengan bayi dengan gaya intonasi bahasa yang disederhanakan dan berintonasi tinggi bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat kata lebih baik daripada diajak bicara dengan cara datar. Jadi, tak perlu malu jika terkadang kita mengajak bicara anak dengan gaya seperti itu saat diluar rumah. Misalnya, “Wow, langitnya berwarna gelaaap.. amaziiing.. Alhamdulillah

Gunakan Jari Telunjuk
Menurut familyshare.com, ada penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development yang menyebutkan bahwa balita lebih cepat belajar memahami bahasa orang tua yang sambil menunjuk objek dan menyebutkan namanya. Semisal, kita memegang buku dan berkata pada anak kita “Ini buku baguss!!”. Hal seperti itu akan mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak. Semakin bervariasi barang yang kita kenalkan dengan menunjukkan semakin bagus.

Biarkan Anak-Anak Makan Berantakan
Adalah wajar jika sebagai orang tua kita tidak ingin melihat barang-barang berantakan dirumah. Terlebih jika tidak memiliki pembantu rumah tangga. Namun soal makan anak yang berantakan, ternyata ada penelitian yang pernah diterbitkan oleh Developmental Science yang menyebutkan bahwa balita yang membuat makannya berantakan bisa mengembangkan kemampuan berhasanya lebih cepat daripada yang tidak suka membuat makanan berantakan. Para ilmuwan memiliki hipotesis bahwa anak-anak mungkin akan merasa sedikit kesulitan mengenali objek yang bentuknya susah dipegang (seperti susu atau saus) tapi proses memegang objek tak padat membantu mereka bisa belajar cara membedakan masing-masing objek. Anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

Ajak Anak Bertemu Lebih Banyak Fakta
Secara pribadi kami tidak mengambil jalan melihat televisi untuk mengenalkan sesuatu pada anak, bahkan untuk tayangan edukasi sekalipun. Kami berpendapat, saat anak bisa mengindra fakta secara langsung, hal tersebut akan lebih mudah ditangkap dan dimengerti oleh anak. Coba bandingkan, anak-anak mengenal sungai lewat televisi dengan diajak ke sungai langsung, tentu sensasi, kesan serta fakta yang terindra oleh anak lebih banyak saat ke lapangan langsung bukan? Sebagai orang tua, pintar-pintarlah mengatur waktu untuk memasukkan lebih banyak informasi secara langsung kepada anak.

Baca juga : Ilmuwan Cilik, Menjaga Hasrat Belajar Anak

Jangan Langsung Memberikan yang Anak Minta
Apa kira-kira hubungan hal tersebut dengan kecerdasan anak? Dengan tidak langsung memberikan apa yang anak minta, kita mengajari anak untuk bersabar dan mau meninggu. Harapannya kemampuan kognitif dan akademis anak akan lebih baik karena sejak kecil tidak biasa dimanjakan. Dengan begitu anak akan belajar mengenal proses dan usaha. Termasuk nanti dalam bidang akademis. Tidak ada yang sim salabim langsung dapat nilai A.

Bisa jadi lima tips dasar untuk membuat anak lebih cerdas diatas belum pernah diketahui Ayah Bunda. Bisa pula sudah ada yang mempraktekkan atau bahkan memiliki teknik dan cara mengasuh anak agar lebih cerdas dengan cara lain. Bisa share lewat kolom komentar. Semoga info dan tips-tips yang kami muat di situs kaos dakwah keluarga ini bermanfaat ya.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *