Ingin Ajak Keluarga Jalan? Lakukan Jangan Tunggu Tua Atau Kaya

posted in: Artikel | 0

Sepakat bukan jika keluarga adalah aset paling berharga? Tak perlu dijawab semua itu telah terjawab dengan jerih payah dan usaha yang dilakukan. Terlebih jika anda adalah seorang suami, pemimpin keluarga sang pelindung keluarga.

Dapat dikatakan bahwa semua yang dilakukan oleh suami adalah untuk keluarganya. Baik dari kelayakan sandang, kecukupan papan dan kenyamanan papan. Semua akan diusahakan oleh semua laki-laki yang memahami perannya sebagai seorang ayah dan suami.

Namun terkadang seorang suami larut di dalam pekerjaannya hingga lupa dengan perannya yang lain. Seorang suami bahkan ada yang sampai menghabiskan waktunya diluar rumah dengan alasan pekerjaan. Baik dari kerja lembur, meeting ataupun pertemuan dengan klien. Ketika sampai rumah tinggal letih dan lelahnya saja.

Bahkan ketika sang anak mendekat, banyak diantara para ayah yang sudah tak mampu lagi memberi pelayanan terbaik selayaknya seorang pengayom. Karena saking lelahnya banyak para ayah yang bahkan sampai marah saat anak mendekat saat sampai rumah.

Sekali anak kecewa dia akan enggan kembali mendekat, sumber : pixabay.com

Padahal disitulah momen berharga dimana sang ayah bisa lebih dekat pada anaknya. Melakukan peran lain selain mencari nafkah untuk keluarga. Peran mendidik dan menyayangi anak agar menjadi penerus yang dekat dengan orang tua. Lantas bagaimana anak mau dekat jika saat mendekat saja sudah mendapat berondongan amarah karena pelampiasan lelah sang ayah?

Maka peran sang ayah tidaklah hanya mencari nafkah. Ayah memiliki peran yang lebih besar yaitu sebagai pemimpin keluarga. Dan tahukan anda salah satu peran seorang pemimpin adalah memberikan hiburan kepada keluarga. Hiburan yang mampu merekatkan semua anggota keluarga hingga menjadikannya harmonis.

Salah satu hiburan yang bisa dilakukan untuk semua anggota keluarga adalah mengajak mereka jalan-jalan. Baik jalan-jalan ke tempat wisata ataupun ke tempat lainnya seperti musim. Tidak perlu khawatir jika anggota keluarga anda banyak, saat ini banyak penyedia jasa sewa mobil untuk menunjang kelancaran perjalanan anda.

Nah sebagai kepala keluarga tentunya kita semua ingin mengajak jalan keluarga kita bukan? Namun terkadang dengan berbagai pertimbangan akhirnya rencana hanya sekedar rencana. Rencana tak kunjung terlaksana karena alasan yang mungkin sebenarnya tak perlu dilakukan.

Waktu Untuk Ajak Keluarga Jalan

Jika anda benar-benar serius untuk mengajak keluarga anda jalan-jalan, maka berikut beberapa pertimbangan agar anda melakukannya segera dan tidak menunda-nunda lagi :

1. Jangan Tunggu Kaya

Banyak diantara kita yang beranggapan bahwa jalan-jalan adalah hak bagi mereka yang kaya, mereka yang memiliki banyak harta hingga bisa jalan kemana saja. Tapi sadarkah kita bahwa kebagahiaan itu adalah hak keluarga dari diri kita? Yang salah satunya bisa dilakukan dengan jalan-jalan dan refresing.

Maka lakukanlah segera tanpa menunggu kaya. Ajak keluarga anda jalan walaupun hanya ke tempat yang sederhana? Kebahagiaan keluarga tak pernah menuntut ke tempat mewah dan berkelas, cukup anda ajak jalan ke tempat wisata sederhana serta bisa juga membawa bekal dari rumah untuk menghemat biaya.

Jika anda menunggu sampai kaya, apakah anda yakin keluarga anda bisa menunggu anda kaya? Dan pertanyaannya kapan anda kaya? Kita semua tidak tahu maka lakukanlah segera dan dapatkan keceriaan keluargamu.

Jangan tunda keceriaan keluargamu, sumber : pixabay.com

2. Lakukan Saat Komunikasi Mulai Tak Stabil

Karena keluarga itu memiliki kesibukan masing-masing terkadang dalam satu rumah pun tidak sempat menjalin komunikasi yang harmonis. Jangankan ada waktu keluarga untuk diskusi, sarapan bersama pun terkadang sudah tidak bisa dilaksanakan lagi.

Meskipun masa pandemi saat ini membuat semua anggota keluarga dirumah, namun terkadang karena kesibukan lain seperti meeting membuat komunikasi juga sulit dilaksanakan. Sehingga terkadang karena sulit komunikasi ini membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi renggang.

Saat itulah anda sebagai pemimpin keluarga membuat kebijakan untuk mengajak jalan keluarga. Semakin besar keluarga semakin asik jika kebersamaan bisa dirajut, salah satunya bisa dilakukan dengan refresing atau jalan-jalan. Jika tak punya kendaraan yang mencukupi, sewa hiace Jogja menjadi solusi bagi anda. Keluarga besar anda akan tercover dengan mobil hiace.

3. Weekend Atau Hari Libur

Hari libur memang waktu yang tepat untuk mengajak keluarga jalan-jalan. Dengan waktu libur yang dimiliki akan semakin kondusif waktu bersama keluarga. Bermain bersama keluarga pun akan semakin hangat. Ayah ajaklah anak bermain, liburan akan membuat hubungan dengan anak semakin dekat.

Namun jika waktu weekend atau liburan yang diambil untuk jalan-jalan sebaiknya hindari destinasi wisata popular. Selain keramaian akan semakin memadat, tentunya anda tak ingin kan waktu bersama keluarga terganggu karena suasana yang bising dan tak kondusif?

Baca Juga : Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

Pilih tempat yang tidak bising untuk merekatkan hubungan keluarga, sumber : pixabay.com

4. Setelah Anak Selesai Ujian

Mesti terkadang orangtua kecewa dengan hasil ujian yang didapatkan oleh anaknya, namun orangtua perlu bijak dalam melihat hal ini. Hargailah jerih payah dan usaha anakmu, bukan menghargai nilai bagusnya sebagai hasil.

Mengajak anak setelah mereka selesai ujian jalan-jalan bersama keluarga adalah hal yang tepat. Waktu seperti ini adalah waktu untuk kembali merefresh anak, apalagi jika anak dalam keadaan down karena tidak mendapatkan nilai bagus seperti yang diharapkan. Anak adalah aset terbesar keluarga, bukanlah nilainya.

Nah itulah beberapa waktu yang bisa anda lakukan untuk mengajak keluarga jalan-jalan. Hal itu bukanlah harus menunggu mereka meminta, namun bisa anda jadikan surprise. Keluarga akan kembali harmonis setelah melakukan jalan-jalan dan liburan.

Mesti yang Namanya jalan-jalan pasti membutuhkan biaya, namun itu semuanya bisa disiasati. ada banyak cara agar tetap bisa mengajak keluarga jalan-jalan meski dengan biaya tidak banyak. Dan hal itu semuanya bisa anda minimalisir dengan hal-hal lain seperti objek wisata yang gratis atau sedikit biaya retribusinya.

Nah apakah anda siap ajak keluarga jalan-jalan? Lakukan segera jangan menunggu kaya. Lakukan segera dan buat keluargamu Bahagia serta kembali harmonis.

Leave a Reply