10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri

posted in: Artikel | 0

Bulan ramadhan merupakan bulan suci bagi umat islam. Bulan ini dipenuhi keberkahan dan banyak pelajaran bagi umat Islam. Salah satu kewajiban kaum muslim di bulan ramadhan adalah puasa. Dengan melaksanakan perintah Allah swt dengan ikhlas, akan dapat mendapat 10 hikmah puasa ramadhan berikut ini.

Tentunya begitu banyak hikmah puasa ramadhan, terlebih jika Anda melaksanakannya dengan ikhlas. Salah satu hikmah puasa ramadhan ini dapat dirasakan dengan berubahnya perilaku, sifat, kebiasaan hingga kesehatan.

Berikut ini 10 hikmah puasa ramadhan yang perlu Anda ketahui agar lebih tawadhu’ dan menjalaninya dengan ikhlas, serta dipenuhi keberkahan.

Penting! 10 Hikmah Puasa Ramadhan

Tidak sekedar menjalankan perintah Allah swt semata. Ternyata dibalik perintah Allah swt ini terdapat hikmah puasa ramadhan. Salah satunya yaitu mulai dari ibadah tepat waktu, perilaku yang lebih baik, empati dan simpati hingga menjaga kesehatan tubuh.

Agar lebih lengkapnya simak penjelasan 10 hikmah puasa ramadhan berikut ini

1. Ibadah Tepat Waktu

Bulan ramadhan dimana pahala akan dilipat gandakan, begitu pula dosa juga akan dilipat gandakan. Dengan melaksanakan ibadah tepat waktu akan menghindari terjadinya kelalaian dalam melaksanakan perintah Allah swt dan dapat mengerjakan ibadah sunnah. Dalam puasa pun juga ditekankan untuk melakukannya dengan tepat waktu, contohnya yaitu menyegerakan berbuka puasa dan mengakhiri sahur ketika sudah imsak.

10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri
Bulan ramadhan jadi ajang untuk meningkatkan ibadah. Sumber : Shutterstock.com

Dengan melatih disiplin waktu ibadah, diharapkan kegiatan- kegiatan yang lain juga akan mengalir sesuai dengan waktunya. Ketika aktivitas selama bulan ramadhan berjalan dengan tertib akan menjadikan kebiasaan baik yang dapat dilanjutkan untuk bulan- bulan yang akan datang. Ibadah tepat waktu merupakan salah satu kenikmatan yang menjadi salah satu hikmah puasa di bulan ramadhan.

2. Menahan Diri dari Amarah/ Emosi

Saat berpuasa dianjurkan untuk memperbanyak mengingat Allah swt dengan berdzikir misalnya. Kemudian tidak dianjurkan melakukan hal- hal makruh apalagi sampai melakukan hal yang haram. Contohnya meluapkan amarah yang hampir meledak. Dengan selalu mengingat Allah swt dengan berdzikir dengan selalu menundukkan hati sehingga tidak mudah tersulut emosi.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri
Salah satu hikmah puasa adalah pengaruhnya yang baik bagi tubuh manusia. Sumber : Shutterstock.com

Dalam berpuasa ternyata tidak hanya sekedar menahan dahaga dan lapar saja, namun hal itu menjadi salah satu bentuk menjaga kesehatan organ tubuh. Dengan menjaga makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh bermanfaat pada kesehatan jasmani. Contohnya meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan gula darah, mencegah peradangan hingga mencegah terjadinya gangguan jiwa dan kesehatan otak.

4. Mempererat Silaturahmi

Suasana bulan ramadhan yang erat akan kebersamaan, akan muncul acara- acara bersama orang lain. Menjadikan persaudaraan yang renggang kuat kembali saat bersama. Pada saat bulan ramadhan aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan bersama contohnya menghadiri buka bersama di masjid, mengikuti shalat tarawih dan tadarus al- qur’an bersama.

untuk menunjang kenyamanan, Anda sebaiknya membawa perlengkapan sendiri yang sekiranya memungkinkan. Seperti sajadah custom yang sedang trend, mushaf, dan lain sebagainya.

5. Mendekatkan Diri Pada Sang Maha Kuasa

Dengan datangnya bulan ramadhan ini, tak hanya diwajibkan untuk berpuasa namun juga diwajibkan untuk menunaikan zakat. Tak lain hikmahnya yaitu untuk mendekatkan diri pada sang maha kuasa. Meningkatkan rasa syukur terhadap kenikmatannya hingga dapat berjumpa dengan bulan yang penuh berkah.

10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri
Dengan suasana yang lebih religius, ramadhan mendekatkan kita pada agama dan tuhan. Sumber : Shutterstock.com

Dengan menjalankan perintah Allah swt melaksanakan puasa dan zakat menjadi bentuk kepasrahan dan ketundukkan terhadap sang maha kuasa.

6. Keseimbangan dalam Hidup

Pada bulan ramadhan ini, manusia dilatih supaya kembali mengingat dan melaksanakan semua kewajiban yang sesuai dengan firman Allah swt dalam al- qur’an. Dengan jaminan pahala yang berlipat ganda sehingga keseimbangan dalam hidup bisa diraih dengan beribadah.

Tak hanya keseimbangan dalam beribadah, dengan berpuasa juga akan menjadi keseimbangan kesehatan tubuh. Dengan terjaganya gula darah, mencegah terjadinya obesitas dan lain sebagainya.

7. Refleksi, Muhasabah Diri

10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri
Hikmah bulan ramadhan, muhasabah diri. Sumber : Shutterstock.com

Hikmah puasa Ramadhan dapat kita jadikan sebagai bahan perefleksian diri kita agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Lebih baik dalam perilaku, ibadah, kesehatan dan muhasabah diri untuk evaluasi kedepannya. Dengan harapan segala kebaikan yang telah  dilakukan pada bulan Ramadhan dapat kita lakukan secara terus menerus di bulan- bulan yang akan datang.

8. Peka Sosial dan Peka Hati

Dalam ajaran islam ada perintah mengeluarkan zakat fitrah yaitu pada bulan ramadhan, hal ini bertujuan untuk membuka mata kita supaya menjadi peduli kondisi pada umat saat ini, bahwa ternyata masih banyak sesama muslim yang hidup serba kekurangan.

Mungkin selama setahun kita tak memperhatikan saudara sesama muslim, meski tinggal hanya terpaut satu atau dua komplek atau bahkan hanya selisih dua-tiga rumah. Saat membantu orang yang kurang mampu membuat hati yang terdalam kita merasa iba, senantiasa bersyukur, dan merasa  malu, karena dengan menyadari bahwa ada yang lebih menderita.

9. Menghindari Dosa

10 Hikmah Puasa Ramadhan! Ibadah Tepat Waktu Hingga Muhasabah Diri
Bulan ramadhan membetengi kita dari perilaku dosa. Sumber : Shutterstock.com

Saat puasa ramadhan jaga diri dari perbuatan dosa, karena tak hanya pahala yang berlipat ganda namun dosa pun juga demikian. Jika hikmah puasa ramadhan ini tercapai maka akan mendapatkan hasil yang luar biasa dan semoga mendapatkan limpahan rahmat- Nya. Akan tetapi tak hanya saat bulan ramadhan saja Anda menjaga diri dari perbuatan dosa.

Namun juga pada bulan- bulan setelahnya hingga menjumpai bulan ramadhan yang akan datang.

10. Melatih Diri Agar Lebih Tabah

Hikmah puasa ramadhan ini adalah puncaknya dimana manusia dilatih untuk tabah. Dan melaksanakan perintah- Nya sesuai dengan hukum syara’. Menjaga diri dari perbuatan yang dapat mengakibatkan batal puasa atau mengurangi pahala puasa, misalnya marah- marah, suudzon dan ghibah

Nah itu tadi 10 hikmah puasa ramadhan, semoga dapat menambah semangat dalam menjalankan perintah saat bulan ramadhan dan dapat dijadikan kebiasaan baik di bulan yang akan datang. Simak artikel berikutnya untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk update website ini terus untuk artikel terbaru. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply