Liburan Di Jogja Bareng Keluarga Dengan Biaya Kurang Dari 50 Ribu, Mau?

posted in: Artikel | 4

Siapa bilang liburan di Jogja mahal? Pertanyaan itulah yang coba kami soundingkan ke sahabat semua. Mengingat saat ini, kota pelajar ini sedang berproses menjadi kota metropolitan dengan mulai menjamurnya pusat perbelanjaan. Apapun kondisinya, kota ini memiliki banyak kenangan bagi sebagian orang, sehingga membuat ‘ketagihan’ untuk mengunjunginya. Tak heran hingga ada yang menjadikan Yogyakarta sebagai kota kedua setelah tanah kelahirannya.

Baca juga : Jogja Sebagai Pusat Distro Muslim?

Jika kita potret potensi pariwisata di Jogja. Provinsi kecil ini memiliki sederet obyek wisata yang sudah populer sejak dulu kala atau yang baru dikenal oleh khalayak beberapa waktu ini. Sudah akrab ditelinga kita tentang Malioboro, pantai Parangtritis dan Kraton Jogja. Namun, baru akhir-akhir ini saja kita mendengan caving di Gua Pindul, Pantai Siung, Indrayanti, Wedi Ombo, Pulau Timang, air terjun Sri Gethuk, hutan pinus di kebun buah Mangunan dan yang lainnya. Tak ayal, adanya banyak obyek wisata baru tersebut menjadikan liburan di Jogja semakin menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jembatan Kuning Selopamioro, Imogiri, Bantul Yogyakarta
Berfoto Memakai KBS 08 DG di Jembatan Kuning Selopamioro

Bicara soal refreshing, liburan bareng keluarga di Jogja bisa menjadi pilihan yang menarik. Sebelum kita membahas kegiatan liburan murah yang kami lakukan dengan biaya dibawah 50 ribu ini, kami akan sampaikan manfaat liburan dengan keluarga yang kami kutip dari situs liputan6.com.

1. Keluarga Makin Harmonis

Siapa yang tak ingin keluarga yang harmonis? Pasti semua keluarga mendambakannya. Salah satu caranya adalah dengan memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga. Manfaatkan waktu libur akhir pekan dengan jalan-jalan bersama keluarga.

2. Makin Sayang Keluarga

Rutinitas terkadang membuat kita lupa akan waktu berkualitas dengan orang tersayang. Untuk semakin menumbuhkan rasa cinta dan kasih pada sesama anggota keluarga, maka Anda butuh liburan. Cara ini sangatlah menyenangkan karena liburan akan dipenuhi dengan keceriaan dan pengalaman tidak terlupakan.

3. Kenangan untuk Masa Depan

Beberapa orang mengabadikan momen spesial mereka dengan selembar foto. Namun lembaran foto bisa saja hilang, sedangkan kenangan di otak Anda tidak akan pernah hilang. Untuk itu, mulai sekarang rencanakan liburan bersama keluarga untuk merangkai kenangan di masa datang. Tanpa disadari, ketika Anda mengingat kembali, akan ada rasa menyatu dengan keluarga.

Liburan di Jogja, Ayah & Anak Bermain Di Sungai
Bermain di Sungai

Nah, setelah sahabat mengetahui pentingnya liburan bareng keluarga. Kami akan mulai menceritakan destinasi tempat wisata menarik lagi murah yang kami kunjungi. Yang harapan kami, hal tersebut bisa menjadi alternatif saat sahabat liburan di Jogja. Beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi Jembatan Gantung (Kretek Gantung) di Selopamioro Imogiri Bantul. Penasaran bukan ? Sepintas memang kelihatan tidak menarik mengunjungi jembatan gantung atau biasa dikenal dengan jembatan kuning FTV ini. Namun, sebagai orang tua seyogyanya kita bisa membuat hal sederhana menjadi berkesan untuk keluarga. Siap?

Baca juga : 10 Tips Lebih Untuk Membahagiakan Suami

Rute Jembatan Gantung
Jembatan kuning ini terletak di desa Selopamioro yang masuk dalam kecamatan Imogiri. Jika sahabat dari kota Jogja. Langsung saja menuju arah terminal Giwangan. Saran kami lewatilah jalan lingkar Jogja (Ring Road) agar tidak terjebak macet di tengah kota. Dari terminal ke selatan melewati jalan Imogiri Timur. Ikuti jalan tersebut hingga sampai SMP 2 Imogiri, kemudian belok kiri ke arah timur dan ikuti jalan. Di jalan sudah ada papan petunjuk yang mengarahkan ke Jembatan Gantung tersebut. Alhamdulillah jalan pada saat kami lewati kondisinya baik dan bisa dilewati oleh mobil.

Hal Yang Menarik
Terlihat memang sebuah hal yang sepele mengunjungi jembatan. Namun jika diolah sedemikian rupa bisa menjadi sarana liburan di Jogja bareng keluarga yang menarik. Saat dijalan menuju jembatan yang menjadi penghubung desa Selopamioro dan Sriharjo, kita sudah disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang hijau serta masih banyak sawah. Ketika sudah sampai di Jembatan Kuning tersebut kita bisa merasakan sensasi goyangan saat menyeberang. Sahabat bisa melakukan foto bersama di atas jembatan tersebut. Tentu saat kondisi sepi ya, jangan ketika ada motor lewat. :).

Pemandangan Sungai Dari Jembatan Gantung
Pemandangan Sungai Yang Masih Bersih

Turun dari jembatan, sahabat sekeluarga bisa menikmati bermain air yang tenang di bantaran sungai. Air sungai yang kehijauan akan menjadi latar menarik untuk di jepret dengan kamera. Foto dari sungai juga lebih mudah untuk mendapatkan background perbukitan yang ada. Tak hanya itu, sahabat juga bisa mencoba body rafting untuk merasakan serunya basah-basahan di sungai bareng sanak saudara, tentu dengan merogoh kocek lagi. Beberapa hal itulah yang membuat jembatan gantung ini layak untuk dikunjungi saat liburan di Jogja bareng keluarga. Saran kami untuk mengunjungi tempat tersebut di pagi hari sekitar jam 06.00. Pada waktu tersebut kita akan mendapatkan peralihan cahaya matahari dari gelap ke terang yang bisa jadi efek menarik untuk foto bareng keluarga, serta udara pagi masih terasa lebih sejuk tentunya.

Estimasi Biaya
Kota Jogja memang terkenal dengan biaya hidup yang lebih miring dari kota besar lainnya. Meskipun sebagai warga asli Jogja, kami merasakan bahwa saat ini biaya hidup mulai merangkak naik akibat konsekuensi logis dari modernisasi di kota Pelajar ini. Namun insyaa Allah, dengan uang dibawah 50 ribu kita masih bisa menikmati liburan di Jembatan Kuning di Selopamioro, Imogiri, Bantul Yogyakarta ini.

Perhitungan biaya liburan yang kami lakukan di Selopamioro ini minus kebutuhan konsumsi keluarga. Kami melakukan liburan berempat, saya, istri, anak pertama (2 tahun 7 bulan), dan anak kedua (11 bulan). Karena jalan yang ditempuh tidak curam, maka menggunakan motor pun cukup aman untuk dilakukan. Estimasi biaya bensin kami bulatkan menjadi 15 ribu. Itu perkiraan kasar dengan harga bensin 22 Desember 2016 (harga bahan bakar minyak saat ini setahu kami bisa naik kapan pun tanpa ada pemberitahuan kepada masyarakat). Karena masih menjadi obyek wisata yang dikelola oleh warga setempat secara sederhana. Tidak ada retribusi saat berada di Jembatan Kuning FTV tersebut. Hanya saja kita akan dikenai parkir kendaran. Sahabat bisa memberi 2 ribu untuk motor atau 5 ribu untuk mobil saja.

Keperluan lain yang perlu kita siapkan adalah uang untuk keperluan ke toilet. Cukup siapkan seribu rupiah saat memanfaatkan toilet yang ada di warung milik warga didekat jembatan tersebut. Jadi dengan uang 21 ribu saja sudah cukup untuk liburan asyik di Jogja bersama keluarga. Masih ada sisa uang 29 ribu yang bisa kita manfaatkan untuk beli makanan ringan atau wedang uwuh disana. Menyenangkan bukan?

Simpulan
Ada baiknya kita menjadikan momen liburan keluarga di Jogja sebagai sebuah sarana untuk meningkatkan kualitas keluarga kita. Jadi tidak hanya mendapatkan pemandangan indah dan tempat untuk foto selfie ataupun wefie bareng keluarga, ada pula benefit lain yang bisa didapat. Sahabat bisa menjadikan kegiatan tamasya bareng tersebut sebagai sarana untuk berolah raga bersama, caranya dengan datang lebih pagi dan menikmati suasana kampung dengan berjalan kaki bersama. Bisa juga dijadikan sarana mendekatkan diri dan bersyukur kepada Sang Pencipta, melalui keindahan ciptaanNya tersebut kita berusaha senantiasa bersyukur akan anugrah Nya.

Kebun Jati Dekat Jembatan FTV
Berfoto Di Kebun Jati

Yang tak kalah penting adalah, sahabat bisa menjadikan agenda liburan di Jogja ini sebagai sarana edukasi menarik untuk anak. Bisa dipelajari dulu seputar geologi dasar daerah perbukitan di Imogiri, teknik sipil dasar perihal konstruksi jembatan, keanekaragaman hayati di sungai hingga geopolitik masyarakat Imogiri khususnya desa Selopamioro. Hal tersebut akan membuat liburan di Jogja bareng keluarga semakin menarik dan bermanfaat. Jadi sudah siapkah liburan hemat di Jembatan Kuning FTV tersebut?

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *