Simak 5 Alokasi Rincian Biaya Pernikahan Yang Penting Diperhatikan

posted in: Artikel | 0

Alokasi rincian biaya pernikahan yang akan kami sampaikan untuk calon mempelai pengantin ini bisa jadi ada yang dihilangkan jika kita memilih konsep menikah yang sederhana. Namun tetap ada hal yang pokok yang harus disediakan untuk sebuah pernikahan yang minimalis. Dalam Islam, walimatul ursy atau pesta pernikahan memang sebuah sunnah. Namun jika kita bisa menyelenggarakannya sekalipun dengan amat sederhana, insyaa Allah itu lebih utama. Namun perlu diperhatikan juga kondisi keuangan. Jika terasa memberatkan sekedar aqad nikah di KUA pun tak mengapa. Sebelum membahas detail rincian biaya pernikahan, akan kami sampaikan rukun pernikahan dalam Islam, agar bisa pahami betapa simpelnya prosesi utama pernikahan dalam Islam.

Rukun nikah ada lima, yaitu:

  1. Zaujah ( calon istri)
  2. Zauj (calon suami)
  3. Wali
  4. Dua saksi
  5. Shighat (lafadz yang berupa ijab dan qobul)

Simpel bukan? Jadi jangan dipaksakan untuk mengeluarkan anggaran yang berlebih untuk pesta pernikahan. Meskipun ini hal yang spesial dalam hidup, namun jangan sampai membebani keuangan keluarga baik laki-laki maupun perempuan. Berikut 5 alokasi rincian biaya pernikahan yang perlu disiapkan.

Alokasi Rincian Biaya Pernikahan
Tanda Ke Pesta Pernikahan – Olleh Ben Rosset

1. Biaya Pernikahan Untuk Lokasi

Bisa jadi sebagian dari kita ingin mengadakan pesta pernikahan yang mewah di gedung. Hal tersebut mubah-mubah saja. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran kantong. Namun bisa juga kita menyulap rumah kita untuk walimatul ursy (pesta pernikahan) yang mengesankan untuk pengantin dan tamu undangan. Hal tersebut bisa menekan biaya untuk sewa gedung. Apabila rumah kita masih memiliki halaman yang luas, kita bisa membuat pesta pernikahan dengan konsep Garden Wedding yang romantis atau pernikahan bertema Go Green. Namun perlu diperhatikan juga kebutuhan saudara kita yang muslim, jika akan pesta kebun. Jangan lupa menyediakan tempat duduk untuk mereka. Karena dalam islam, aktivitas makan tidak boleh berdiri, harus duduk. Yang perlu disiapkan adalah adanya dekorator yang profesional yang dapat menyulap halaman rumah menjadi tempat pesta pernikahan yang sakral, romantis dan juga cantik.

2. Biaya Untuk Dekorasi

Dekorasi diperlukan tidak hanya dipelaminan, namun juga sampai pada meja tamu, mobil pernikahan hingga ruang kamar untuk malam pertama. Terkadang biaya dekorasi bisa menjadi banyak jika tidak pandai memilih ornamen yang hendak dipakai. Semisal terlalu banyak memakai bunga impor untuk dekorasi pernikahan. Sebagai ganti, mintalah kepada jasa dekorasi pernikahan Anda untuk memakai bunga lokal saja. Selain lebih hemat, alokasi biaya pernikahan bisa kita masukkan untuk biaya bulan madu, membangun rumah atau bahkan membangun bisnis keluarga.

Dekorasi pernikahan dalam Islam juga hal yang mubah-mubah saja. Namun yang paling penting diperhatian dalam menyusun komponen biaya menikah adalah agar jangan boros. Karena Allah tidak menyukai muslim yang melakukan pemborosan. Terlebih, dekorasi nikah biasanya hanya sekali pakai, menggunakan yang sederhana insyaa Allah lebih utama. Alokasi uang untuk dekorasi nikah bisa dipakai untuk menyumbang saudara kita di Palestina, Rohingnya maupun Syam. Wallahu alam bishowab

Baca juga : Kaos Dakwah Kado Pernikahan

3. Biaya Untuk Undangan Nikah

Dianjurkan untuk mengundang orang-orang yang shalih disekitar kita. Karena dalam prosesi pesta pernikahan, orang yang datang akan mendoakan kita. Utamakan orang yang shalih terdahulu. Buat daftar orang yang akan diundang kemudian pilihlah desain undangan yang cocok. Akan lebih baik membuat undangan yang bisa menjadi souvenir pernikahan sekaligus, seperti undangan dalam bentuk kipas, kalender, tas belanja dan sebagainya. Langkah tersebut bisa menghemat uang, tenaga dan pikiran. Menarik bukan?

Ilustrasi Konsumsi, Penting Untuk Menentukan Alokasi Rincian Anggaran Pernikahan
Ilustrasi Konsumsi Pernikahan

4. Biaya Untuk Konsumsi Walimah

Disarankan untuk tidkak memesan terlalu banyak jenis makanan dan minuman. Karena saat pesta pernikahan, tamu undangan biasanya akan memilih banyak jenis dan tidak dihabiskan. Untuk itu usahakan variasi makanan tidak terlalu banyak. Yang tidak kalah penting, adalah menyebarkan spot-spot meja makan dibanyak sisi. Hal tersebut akan mengurangi antrean panjang di meja makan. Bisa dibayangkan kan, betapa membosankannya menunggu antrian panjang di meja makan. Harapannya jika antrian pendek, pengunjung bisa memilih makanan dengan leluasa dan masih memiliki energi yang cukup untuk makan.

Bisa juga kita menggunakan jasa katering. Akan lebih baik jika menggunakan sistem paket. Tak perlu malu untuk meminta diskon akan pesanan kita. Lumayan untuk memangkas alokasi biaya resepsi pernikahan. Bisa juga kita mencari jasa katering langganan keluarga kita, sehingga akan mendapatkan diskon lebih. Jangan memesan paket makanan sama persis dengan jumlah undangan, berikan slot kelebihan 5 sd 10%, karena terkadang para tamu undangan akan membawa anak-anak. Hal tersebut akan lebih baik daripada tamu undangan kita mengalami kehabisan makanan. Jika sisa, kita bisa request kepada jasa catering untuk mengemas dalam box dan dikirimkan ke panti asuhan misalnya.

5. Biaya Untuk Dokumentasi

Biaya dokumentasi jangan lupa untuk dihitung. Dokumentasi bisa dalam bentuk video ataupun foto. Saat ini sudah banyak sekali ada jasa foto saat pesta pernikahan. Kami tidak merekomendasikan pre wedding jika sahabat beragama Islam. Karena hal tersebut tidak diperkenankan, sebab pasangan belum halal dari sisi hukum Islam. Kami sarankan untuk membuat foto atau video after wedding saja. Sewalah fotografer atau videografer yang bisa dipercaya. Akan lebih hemat jika memilih paket dokumentasi dalam 1 perusahaan sekaligus. Tak perlu repot membuat detail satu persatu.

Baca juga : 7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Islami

Semoga 5 alokasi rincian biaya pernikahan yang pokok untuk dianggarkan calon pengantin ini berguna. Yang paling penting, jangan sampai hal tersebut menguras perhatian kita terlampau serius sehingga ketika hari pernikahan malah tidak fit. Sahabat bisa membagi tugas mengurus hal tersebut dengan sahabat atau kerabat yang bisa dipercaya.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *