4 Tips Mudah Liburan Saat Hamil Yang Bisa Dipraktekkan

posted in: Artikel | 0

Saat ini banyak sekali pasangan yang memilih menunggu waktu kelahiran sang buah hati dengan melakukan perjalanan wisata berdua seperti melakukan bulan madu yang ke dua kalinya. Namun banyak juga yang khawatir akan terjadi sesuatu dengan kehamilannya jika melakukan perjalanan jauh. Berikut ini beberapa tips liburan saat hamil supaya kondisi bunda dan ibunya tetap sehat.

Cara Aman Liburan Untuk Ibu Hamil

Tips yang kami berikan ini adalah tips yang sangat umum. Bisa jadi ada tips khusus untuk kebutuhan hamil yang khusus. Maka apa yang ada disini bisa diabaikan manakala Anda memiliki kebutuhan khusus tersebut.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Tips liburan saat hamil yang pertama adalah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan liburan. Berdasarkan American Congress Of Obstetrician Gynecologist waktu yang paling tepat untuk melakukan liburan ketika hamil adalah di usia kehamilan 14 – 28 minggu atau pada saat trisemester kedua.
Selain usia kehamilan ada juga faktor lain yang harus di perhatikan yaitu tempat tujuan. Tempat wisata yang disarankan untuk di kunjungi juga jenis wisata yang tidak terlalu sesak oleh kerumunan orang – orang.

2. Cek Kesehatan

Meskipun anda terlihat sehat ketika akan berangkat liburan, anda wajib melakukan cek kesehatan sebelum berangkat liburan supaya anda bisa mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi. Dan juga anda bisa mendapat bekal suplemen tambahan untuk anda sendiri dan untuk anak anda.

Tips Liburan Untuk Ibu Hamil, sumber unsplash @choisyeon
Tips Liburan Untuk Ibu Hamil, sumber unsplash @choisyeon

3. Transportasi yang digunakan

Pilihlah transportasi yang aman untuk anda dan juga untuk janin anda, misalnya jika naik mobil pastikan melalui rute yang jalannya mudah dan gunakan sabuk pengaman. Jika melalui pesawat duduklah di bagian lorong untuk memudahkan jika ingin ke kamar mandi. Jika menggunakan kapal laut pastikan bahwa kapal dilengkapi dengan peralatan medis lengkap. Jika memakai jasa paket wisata biasanya sudah menyediakan kendaraan yang nyaman, baik itu mobil ataupun bus wisata.

4. Tentukan tujuan tempat wisata anda

Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh ibu hamil di Indonesia, namun yang paling aman Yogyakarta, kota wisata yang ramah untuk ibu hamil. Salah satunya adalah mengunjungi Taman Sari yang ada di Yogyakarta. Sebagai bonus, kami tuliskan sedikit penjelasan mengenai obyek wisata Taman Sari dibawah ini.

Lokasi & Rute ke Taman Sari

Ketika anda sedang hamil berkunjung ke pemandian Taman sari merupakan tantangan tersendiri karena anda harus menaiki tangga – tangga pemandian untuk sampai di atas. Namun hal ini akan membuat anda dan janin anda semakin kuat karena melakukan olahraga sebelum usia kehamilan semakin tua. Tentu anda bisa melakukan ini secara aman setelah kehamilan masuk trimester ke 2 sebagaimana yang kami sampaikan diatas. Itupun dengan catatan kondisi janin kuat tanpa ada masalah.

Tempat wisata ini berada di Patehan kecamatan Kraton Yogyakarta. Jarak tempuh dari jalan Malioboro kurang lebih hanya 7 menit menggunakan sepeda motor, untuk mobil bisa mencapai 10 menit. Untuk harga karcis masuknya menyesuaikan dengan asal pengunjung. Untuk wisatatan lokal harga tiket masuk Rp. 7.500,- dan wisatawan asing dikenai harga tiket masuk Rp 15.000,- . Tentu harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal yang menarik dari tempat wisata water castle Taman Sari adalah keindahan – keindahan dari bangunan yang ada. Tak heran jika lokasi wisata ini sering dijadikan ajang foto selfie ataupun foto pre wedding oleh pasangan yang akan menikah.

Berikut tadi adalah tips liburan saat hamil yang sehat dan aman dilakukan. Jika anda dalam kondisi hamil dan ingin melakukan perjalanan wisata pastikan untuk mengikuti langkah – langkah di atas. Semoga bermanfaat dan silahkan share jika berkenan.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *