7 Manfaat Madu Yang Baik Untuk Kesehatan Keluarga

posted in: Artikel | 0

Madu adalah cairan alamiah yang berasal dari hewan lebah dan mengandung zat gula yang dihasilkan dari nektar bunga sebagai sumber makanannya. Sari nektar yang didapatkan lebah akan ditampung didalam kantung madu (abdomen) dan akan dikeluarkan untuk ditempatkan di sarangnya, sehingga terjadi fermentasi alami dan setelah itu akan menjadi cairan madu.

Madu telah banyak digunakan atau dikomsumsi, selain sebagai cita rasa manis makanan dan minuman, ternyata madu juga digunakan sebagai obat untuk kesehatan tubuh manusia. Madu memiliki beberapa kandungan khasiat yang baik jika dikomsumsi oleh tubuh dengan cara diolah dengan proses yang baik dan benar, sehingga tidak mengurangi kandungan khasiat madu.

Kandungan nutrisi alami madu terdiri dari mineral, vitamin, antioksidan, kalsium, dan nutirisi lainnya.  madu bisa menjadi obat alami dalam menjaga kesehatan tubuh dan sebagai pengganti dari pemanis buatan seperti gula yang memiliki resiko tinggi terhadap kesehatan jika dikomsumsi secara terus-menerus.

Menjaga kesehatan keluarga menjadi hal penting untuk tetap terus dijaga, berikut ini 7 manfaat madu yang baik untuk kesehatan keluarga:

1. Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Khasiat madu dalam menjaga sistem tubuh, sumber: pixabay.com/

Menjaga sistem imun tubuh merupakan hal yang harus tetap terjaga agar terhindar dari penyakit yang diakibatkan dari lemahnya imun tubuh. Jadi menguatkan imun tubuh penting untuk selalu di kontrol, karena yang mengetahui lemah atau kuatnya imuntubuh adalah diri kita sendiri.

Madu bisa menjadi  salah satu obat atau sumber vitamin untuk menguatkan sistem imun tubuh bagi keluarga dengan cara merangsang produksi sel imun, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat secara tidak langsung menambah stamina karena tubuh menjadi lebih fit, sehingga kesehatan keluarga akan tetap terjaga.

Ada sebuah penilitian yang dilakukan School of Medicine Cardiff University, Inggris hasil yang telah diteliti ternyata madu memiliki khasiat mampu nerangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas. Kabar baiknya lagi ada produk dari inggris yang terbuat dari madu dan sudah terbukti akan khasiat yang baik bagi tubuh dalam menjaga sistem imun tubuh yaitu, british propolis.  

2. Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Salah satu kandungan utama yang dimiliki madu adalah karbohidrat alami yang baik bagi tubuh. Nektar yang merupakan bahan utama dan sumber makanan lebah dalam pembentukan madu yang terdiri dari sukrosa dan air ditambah dengan pemberian enzim menciptakan senyawa kimia tambahan dan nilai gizi madu sehingga menjadi karbohidrat.

Bukan hanya kandungan karbohidrat yang terdapat dalam madu tetapi, juga memiliki kandungan lain dalam menjaga sumber energi pada tubuh seperti kalsium,kalium dan zat besi. Sehingga sumber energi untuk  tubuh akan tetap terjaga dan membantu dalam menjaga stamina keluarga akan agar tetap fit dalam beraktifitas.

3. Sebagai Pelembab Alami Bagi Tubuh

Kandungan air dalam madu membantu dalam melembabkan kulit tubuh, sumber: pixabay.com/

Madu juga memliki kandungan air atau mineral di dalamnya, dimana kadar kandungan air mencapai 18% dimana, semakin sedikit kandungan air yang terkandung dalam madu maka, akan semakin baik nilai gizinya.

Dengan memiliki kandungan air atau mineral madu memiliki khasiat sebagai pelembab alami bagi kulit tubuh dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut. Sangat cocok untuk tetap melindungi kelembapan kulit tubuh keluarga agar tetap terlihat cerah.

4. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan mineral dan vitamin baik untuk metabolisme tubuh, sumber: pixabay.com/

Kandungan mineral dan vitamin yang terkandung dalam madu membaut madu memiliki khasiat untuk membantu metabolisme tubuh dalam mencegah penyakit yang berbahaya seperti kolestrol dan asam lemak bagi keluarga, sehingga madu sangat cocok untuk tetap menjaga metabolisme tubuh agar terhindar dari serangan penyakit yang berbahaya dan meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh.

kandungan vitamin di dalam madu terdiri dari B6, thiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat dan asam amino. Kandungan mineral terdiri dari  kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng. Dengan kandung ini yang terdapat di dalam madu tentunya akan sangat baik dalam membantu metobolisme tubuh keluarga.

Kandungan mineral dan vitamin juga bisa membantu dalam menjaga metabolisme ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung dan terhindar dari penykit organ tubuh dalam seperti iritasi lambung yang sering terjadi pada ibu hamil saat mengandung.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat madu dalam menjaga kesehatan kulit didapatkan dari kandungan atioksidan yang terdapat di dalam madu yang bersumber dari asam fenolik dan flavonoid. Antioksidan alami yang dimiliki madu bebas dari lemak dan kolestrol, sehingga sangat cocok untuk merawat kesehatan kulit keluarga.

Antioksidan madu juga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuan dini dan sangat bagus untuk menjaga kulit tetap tampak segar dan cerah. Terlihat sangat mudah dan tidak begitu sulit untuk merawat kulit dengan alami menggunakan madu, baik itu dikomsumsi atau dioleskan langsung ke permukaan kulit.

6. Membantu Proses Pencernaan Tubuh

Kandungan Glycemic Index (GI) yang memiliki arti gula atau pemanis yang terdapat dalam kandungan madu memiliki khasiat dalam membantu proses pencernaan tubuh secara bertahap menjadi lebih baik. sehingga pencernaan dalam tubuh bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Madu juga bisa menjadi pengganti gula atau pemanis di rumah untuk makanan atau minuman, selain meyehatkan tentunya bisa juga untuk mencegah keluarga dari penyakit yang disebabkan oleh gula seperti kolestrol dan obesitas.

7. Kalori yang Seimbang Untuk Tubuh

Kandungan kalori madu berkhasiat menjaga keseimbangan kalori tubuh, sumber: pixabay.com/

Madu memiliki kandungan 64 kalori dengan takaran satu sendok makan dan jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan gula pasir yang hanya mengandung 46 kalori. Jadi madu sangat baik dalam menjaga kesimbangan kalori di dalam tubuh, sehingga dapat menambah energi keluarga dalam beraktivitas sehari-hari.

Perlu dingat juga walaupun madu merupakan produk cairan alami, harus diperhatikan juga jumlah atau kadar dalam mengkomsumsi madu agar khasiat dari madu bisa dirasakan karena berdasarkan saran dokter mengkomsumsi madu secara berlebihan tidak dianjurkan, jadi batasi menkomsumsi madu 4 atau 5 sendok teh per hari.

Masih banyak lagi khasiat madu yang baik untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk kesehatan  keluarga karena menjaga kesehatan itu merupakan hal terpenting yang harus tetap terus dijaga agar bisa  terus berkumpul bersama keluarga yang merupakan tujuan dari setiap orang, baik itu  keluarga kecilnya atau keluarga besar.

Follow Suryono:

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya.

Leave a Reply