Memilih Sekolah Terbaik (TIPS ISLAMI untuk ANAK)

posted in: Artikel | 0

Kaos Dakwah | Sekolah adalah salah satu elemen penting dalam mendidik anak. Namun, saat ini banyak orang tua yang bingung memilihkan sekolah yang terbaik untuk buah hatinya. Karena banyaknya berita tentang masalah pergaulan yang menimpa murid murid sekolah, baik dari sekolah negeri ataupun pondok pesantren. Bagaimana sebetulnya tips memilih sekolah terbaik bagi di kecil. Berikut ini panduan Islami memilih sekolah terbaik yang kami ambil dari sebuah majalah Islam.

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak Islami
Ilustrasi Guru Mengajar di Kelas

Berikut beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memilih lembaga pendidikan terbaik untuk anak kita :

1. Pilihlah lembaga pendidikan yang mengajarkan tsaqafah islam yang dibutuhkan sesuai jenjang usia anak didik. Lebih baik lagi jika sekolah itu menerapkan kurikulum yang berbasis aqidah islam.

2. Pilihlah lembaga pendidikan yang merekrut guru-guru yang professional, amanah dan kafa’ah. Guru sangat menentukan dalam keberhasilan proses belajar mengajar untuk membentuk syakhsiyah (kepribadian) anak didik karena guru akan menjadi teladan terdekat setelah kedua orangtuanya.

3. Pilih lembaga pendidikan yang menjalankan proses belajar mengajar secara islami. Para gurunya berusaha menyampaikan pelajaran dengan talqiy[an] fikriy[an], yakni dengan bahasa yang berpengaruh sehingga anak didik bisa benar-benar memahami pelajaran yang disampaikan (tidak hanya sekedar transfer ilmu).

4. Pilihlah lembaga pendidikan dengan lingkungan dan budaya yang kondusif bagi pencapaian tujuan pendidikan secara optimal. Tidak hanya menanamkan pikiran yang islami terhadap anak didik, tetapi juga menerapkan kebiasaan yang islami seperti mewajibkan seluruh personil (guru, karyawan dan siswa) menutup aurat, tidak bercampur-baur (ikhtilat) dengan lawan jenis dalam kegiatan belajar-mengajar dll.

5. Pilihlah lembaga pendidikan yang membuka lebar ruang interaksi dengan keluarga dan masyarakat agar keluarga dan masyarakat dapat berperan optimal dalam menunjang proses pendidikan. Sekolah berusaha menyatukan visi dan misi pendidikannya kepada pihak keluarga dan masyarakat sehingga kepribadian anak didik terbentuk secara utuh sesuai dengan islam.

Namun demikian, lagi-lagi orangtua terbentur pada satu kondisi; memilih sekolah-sekolah islam unggulan bagi anaknya akan membutuhkan modal yang luar biasa, padahal kebutuhan hidup yang lain juga mendesak untuk dipenuhi. Maka dari itu, tentu tidak ada salahnya jika memilih selain sekolah unggulan dengan catatan; komitmen orangtua sebagai pendidik yang utama harus tinggi. Orangtua tidak boleh menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada sekolah. Orangtua harus aktif terlibat dalam proses pendidikan terutama dalam implementasi penanaman nilai-nilai islam yang mungkin kurang terkontrol di sekolah umum.

* Oleh Yusriana

* Diambil dari Tabloid Al Waie edisi 173 dalam artikel Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply