Cobalah 4 Tips Ini Untuk Melindungi Anak dari Kecanduan Gadget

posted in: Artikel | 0

Melindungi anak dari kecanduan gadget bisa jadi merupakan hal yang mendesak bagi orang tua saat ini. Alhamdulillah, sebagian orang tua sudah mulai sadar akan bahaya dari kecanduan gadget untuk anak-anak. Namun yang terkadang membuat kami sedih. Banyak bunda maupun ayah yang malah membiarkan anak-anaknya dengan gadget, dengan berbagai alasan, seperti agar tenang tidak mengganggu aktivitas ayah bundanya.

Memang benar, pada zaman modern ini gadget seperti menjadi kebutuhan yang pokok. Mulai dari pekerjaan, hiburan hingga bersosialisasi seakan berada dalam genggaman. Namun, apakah setiap keputusan membiarkan akan akrab dengan gadget hingga sampai pada taraf ketagihan adalah hal yang bijaksana?

Baca juga : Cegah Sebelum Terlambat, (Kecanduan Game)

Cerita pengalaman sahabat kami bisa jadi menjadi bahan pelajaran berharga. Salah seorang anak sahabat kami yang berumur 4 tahunan suatu saat pernah minta dicium bibir oleh abinya, tentu sang abi kaget bukan main. Darimana anak sekecil itu mendapatkan maklumat coal ciuman. Usut punya usut ternyata si anak mendapatkan informasi tersebut dari youtube yang dibuka lewat gadget yang dipakai bermain. Awalnya untuk melihat informasi yang berguna, namun terkadang auto suggest dari sistem youtube terdapat konten yang tidak pantas untuk anak kecil.

Itu satu kasus yang ada dan kami temui, bisa jadi di luarsana ada banyak kasus kecanduan gadget pada anak yang mengakibatkan perilaku tidak tepat pada anak yang lebih parah lagi. Oleh karena itu penting bagi kita berusaha melindungi anak dari kecanduan gadget sejak dini.

Disisi lain, hal yang kami amati. Jika seorang anak sudah asyik bermain dengan gadget, dia akan punya dunia sendiri dan terkesan ‘autis’. Motorik anak tidak berkembang dengan baik. Kami lebih cenderung untuk melatih kreatifitas anak secara langsung dengan bermain. Motorik anak berkembang, kreatifitas juga. Jadi masalah kecanduan gadget pada anak bukan semata-mata soal akan jebloknya nilai sekolah anak karena jadi jarang belajar. Ada hal yang jauh lebih penting daripada hal itu, yaitu soal akhlaq dan keimanan anak-anak kita.

Tips Melindungi Anak Dari Kecanduan Gadget
Ilustrasi Gadget – Oleh Oscar Nielson

Ada banyak cara untuk melindungi anak dari kecanduan gadget, empat diantaranya adalah sebagai berikut.

Jadilah Panutan Langsung
Teladan utama anak adalah orang tua, ada jargon bahwa anak adalah peniru yang ulung. Maka, jika orang tua saat dirumah sibuk dengan gadget masing-masing, anak akan mengikuti pola tersebut. Larut dalam dunia maya karena tidak berinteraksi langsung dengan mereka. Jadilah panutan anak-anak kita adalah konten yang ada dalam smartphone tersebut. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, anak-anak memerlukan orang yang secara fisik, emosi, dan mental ada untuk mereka. Sehingga dengan cara itu, ikatan anak dan orang tua yang kuat bisa terbentuk.

Baca juga : Peran Ideal Ayah

Buat Zona atau Waktu Bebas Ponsel
Pengaturan zona waktu bebas ponsel ini juga bisa dilakukan oleh anggota keluarga. Ada komunitas parenting dari abah Ihsan Baihaqi yang sudah mencobanya. Mereka membuat gerakan 18:21, maksudnya setiap hari selama jam 18.00 hingga 21.00 seluruh anggota keluarga tidak bermain smartphone atau gadget yang lain. Diharapkan bisa dialihkan dengan kegiatan yang menimbulkan interaksi antar anggota keluarga, seperti makan bersama, ngobrol bareng, presentasi kegiatan harian dan capiannya, mengulang hafalan Al Quran dan sebagainya. Cara ini insyaa Allah cukup efektif menekan kecanduan gadget pada anak.

Buat Kegiatan yang Tak Melibatkan Gadget
Sebagai orang tua, kita harus kreatif mencari alternatif kegiatan untuk menyalurkan ‘energi’ anak. Kegiatan pengganti dari bermain gadget pun haru lebih menarik agar anak tidak bosan. Semisal mengajak anak naik gunung, bermain paintball dan yang lain. Berkunjung ke tempat bersejarah dan menceritakan sejarah pada anak pun aslinya bisa menjadi kegiatan yang menarik lho jika ayah bunda bisa mengolahnya dengan baik.

Berikan Pemahaman Soal Penggunaan Gadget
Di zaman modern seperti ini mustahil rasanya hidup tanpa gadget. Orang tua perlu mengarahkan dan memberikan pemahaman soal gadget pada anak. Karena setiap orang bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kita bisa sedikit demi sedikit memahamkan anak soal fungsi utama gadget sebagai alat komunikasi, adanya goal lain yang lebih besar yang bisa dicapai anak dan itu butuh waktu dan konsentrasi, gadget adalah alat bantu manusia jangan sampai ‘memperbudak’ pemiliknya, jauh lebih menyenangkan berinteraksi dengan orang daripada dengan gadget dan banyak pemahaman lain yang intinya mengajak anak untuk tidak berorientasi pada gadget.

Baca juga : Membentuk Idealisme Pada Anak

Melindungi anak dari kecanduan gadget memang jadi tantangan tersendiri. Pernah lho kami ketika bertamu mendapati kedua anak orang yang kami datangi sibuk bermain gadget saat kedua orangtua mereka pamit sebentar membelikan makan kami. Nah, maka dari itu sebagai orang tua kita perlu mencoba cara terbaik untuk mengarahkan anak pada kebiasaan sehat yang lebih baik. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Ayah Bunda sekalian.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *