Tips Menata Taman Depan Rumah, Ketahui Trik Mudahnya

posted in: Artikel | 0

Menata taman depan rumah bagian yang perlu diperhatikan segenap keluarga. Rumah kita akan dinilai dari estetis bagian depan rumah kita. Saat tamu kita datang, mereka bakal meliihat bagian depan rumah pada awalnya bukan?

Disamping itu, dengan dikaitkan niat mulia memuliakan tamu. Aktivitas menata taman depan rumah bisa jadi bernilai pahala untuk kita semua. Maka aktvitas menata taman di rumah bisa menjadi sarana edukasi juga untuk anggota keluarga, terutama para krucils.

Saat ini kecenderungan rumah memiliki halaman yang kecil. Hal tersebut terjadi karena harga rumah yang semakin lama semakin mahal. Sistem ekonomi kapitalisme membuat kekayaan dinikmati oleh sebagian kecil orang, mayoritas di kelas menengah dan bawah.

Cara Menata Taman Depan Rumah

Jadi jangan bersedih jika memiliki rumah yang tidak besar. Karena yang penting adalah suasana rumah yang hangat dan penuh ketaqwaan kepadaNya. Yuk semangat menata taman depan rumah, simak cara dan tips berikut ini:

1. Kolam Minimalis nan Cantik

Adanya kolam ikan di depan rumah membuat taman Anda terasa lebih segar. Ada berbagai macam jenis ikan yang bisa dipilih untuk rumah Anda, mulai dari ikan mas, hingga ikan koi. Gunakan bagian kecil depan rumah Anda agar bisa mengalokasikan bagian untuk tanaman hijau lainnya.

Ada fungsi lain dari kolam ikan yang orang jarang memanfaatkan dengan baik. Yaitu potensi untuk menjadikan air kolam menjadi pupuk organik cair. Misal Anda memelihara ikan lele, bagian air yang kotor bisa membantu menyuburkan tanaman Anda.

Kolam ikan minimalis untuk depan rumah
Kolam ikan minimalis untuk depan rumah

2. Segarkan Mata dengan Hijau Daun

Ingin rumah yang memiliki kesan surgawi? Yup, warna yang digambarkan surga adalah hijau. Dengan memiliki taman depan rumah yang hijau, akan menjadikan rumah Anda terkesan lebih sejuk dan asri. Warna indah bunga boleh, namun hijau tetap dominan ya.

Taman depan rumah yang hijau, unsplash cudithemillennial
Taman depan rumah yang hijau, unsplash cudithemillennial

3. Buat Vertikal Garden Menarik

Ingin memiliki banyak tanaman namun lahan depan rumah terbatas? Jangan khawatir, ada teknik untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan teknik vertical garden. Anda bisa menanam tanaman di tembok atau dengan tempat tambahan.

Ada alat tambahan untuk membuat taman vertikal berupa tempelan di tembok. Ada juga konstruksi sederhana yang bisa dibuat dengan kayu hingga besi. Buat konstruksi sederhana yang bisa dipindah dengan mudah. Konsultasikan dengan jasa taman untuk membuat hal tersebut.

Taman depan rumah konsep vertikal garden, unsplash laicho
Taman depan rumah konsep vertikal garden, unsplash laicho

4. Pilih Bonsai Eksotis

Cara menata taman depan rumah yang kami rekomendasikan adalah menggunakan tanaman bonsai. Bonsai memiliki bentuk yang unik yang bisa mempercantik taman depan rumah Anda. Tanaman ini bisa bernilai amat tinggi manakala ketemu orang yang tepat. Jadi tidak ada salahnya menjadikan bonsai sebagai investasi keluarga Anda.

Pohon bonsai cantik untuk menata taman depan rumah, unsplash tegethoff
Pohon bonsai cantik untuk menata taman depan rumah, unsplash tegethoff

5. Gunakan Pencahayaan

Dekorasi tambahan yang tepat bisa mempercantik taman Anda. Jadi menata taman bukan sekedar soal pot dan tanaman. Bisa juga kita menambahkan pencahayaan atau lighting untuk menambahkan eksotisme tampilan taman Anda.

Tak perlu pesan lampu taman yang mahal. Anda bisa menggunakan lampu kerlap kerlip yang biasa dipakai untuk ulang tahun dan memasang di taman Anda. Tertarik untuk mencoba? Selamat berkreasi, jangan takut untuk mencoba.

Pencahayaan taman, pinterest.com
Pencahayaan taman, pinterest.com via dekoruma

6. Pot Gantung, Solusi Menata Taman depan Rumah

Perumahan dimana Anda tinggal kecil? Tak perlu khawatir, bisa disiasati dengan pot gantung. Saat ini ada banyak model pot gantung cantik yang bisa menghias taman depan rumah Anda. Ada pot dari kaca, keramik hingga pot dari bahan bekas yang go green. Variasikan pot gantung dirumah Anda agar taman depan rumah Anda semakin cantik.

Pot gantung menarik, nkuku.com
Pot gantung menarik, nkuku.com via dekoruma

7. Gunakan Sudut dengan Baik

Jangan biarkan sudut rumah Anda terbiarkan percuma. Kita bisa memaksimalkan sudut rumah untuk mempercantik taman depan rumah. Selain itu, bisa menjadikan maksimal penggunaan lahan rumah.

Sudut rumah bisa diberikan batu taman, batu alam, bunga atau tanaman sukulen kesukaan Anda. Menggunakan konsep zen garden ala Jepang untuk sudut rumah Anda juga bisa menjadi ide menarik.

Memanfaakan sudut depan rumah untuk taman, sutherlandscape.com
Memanfaakan sudut depan rumah untuk taman, sutherlandscape.com

8. Utamakan Kebersihan

Kebersihan adalah bagian dari aturan Nya yang perlu kita terapkan untuk keluarga kita. Hal tersebut juga berlaku saat kita mencoba untuk menata taman depan rumah kita. Kita bisa ajarkan anak-anak untuk ikut bergantian membersihkan daun, memotong ranting hingga memupuk tanaman agar tetap sehat.

Yang perlu diperhatikan adalah soal konsistensi. Dengan mengajak anggota keluarga bergiliran melakukan chores untuk membersihkan taman depan rumah akan membantu Anda konsisten dalam menjaga kebersihannya.

Taman depan rumah yang bersih, unsplash zeyadwaleed
Taman depan rumah yang bersih, unsplash zeyadwaleed

9. Temukan Alasan Kuat

Alasan yang kuat untuk menata taman depan rumah perlu kita miliki agar kita bisa konsisten. Poin ini menjadi pondasi, namun sengaja kami letakkan di no terakhir sebagai surprise untuk Anda. Bisa jadi alasan kuat kita menata taman beda, saran kami kaitkan dengan kesadaran akan hubungan kita dengan Nya.

Kesulitan untuk mencari jasa taman untuk membantu proses penataan taman depan rumah? Anda bisa cari jasa taman di sosial media seperti instagram. Biasa mereka yang sudah besar memiliki jasa pengelola akun instagram sehingga bisa mendapatkan info awal yang cukup dari instagramnya.

Terimakasih sudah menyimak. Semoga sukses dalam menata taman depan rumah Anda. Tim pengelola web Kaos Bapak Sholeh senang bisa membantu memberikan informasi berkualitas untuk Anda.

Follow admin:

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply