Kaos Hadist, Inspirasi Luar Biasa Dari Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam

posted in: Artikel | 0

Kaos Hadist – Bagi umat Islam, hadist adalah sumber dalil yang otoritatif kedua setelah Al Quran. Hadist memang unik dibandingkan catatan sejarah lainnya. Kenapa? Karena metode periwayatan hadist yang menggunakan verifikasi ketaqwaan seseorang. Sehingga derajat kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan. Berbeda dengan penuturan sejarah atau biografi tokoh terkenal pada masa lampau yang tidak memiliki standar penilaian orang yang menuturkan cerita tersebut.

Keistimewaan dari hadist lainnya adalah bisa menjadi inspirasi bagi kaum muslimin lintas generasi dan lintas abad. Kita tahu bahwa Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam berasal pada abad ke 7 masehi. Hingga sekarang abad 21 masehi, kata-kata, tindakan dan diamnya beliau tetap dipakai oleh 1 milyar lebih kaum muslimin. Tentu dengan tingkat penghayatan yang berbeda-beda.

Inspirasi Hadist Untuk Kaos Dakwah
Kaos dakwah sebagaimana bentuk fisik (materi) yang dikeluarkan oleh kaum muslimin. Selalu mengambil posisi harus sesuai dengan hukum syariat. Karena umat islam akan dimintai pertanggun jawaban akan seluruh perbuatannya selama di dunia. Termasuk dalam hal menciptakan bentuk fisik tertentu yang ingin dimanfaatkan. Dalam hal ini berlaku kaidah, hukum asal perbuatan manusia terikat dengan hukum syara. Untuk itu manusia diminta menilai aktivitas yang akan dilakukan, apakah wajib, sunnah (mandub), mubah, makruh atau haram. Baru kemudian memutuskan apakah akan dilakukan atau ditinggalkan.

Sebagai salah satu bentuk fisik yang khas dari umat Islam. Kaos dakwah bisa mengambil banyak sumber inspirasi dalam corak desainnya. Artikel kami sebelumnya tentang jenis tema kaos dakwah bisa menjadi referensi mengenai hal tersebut. Yang mendasar dari penciptaan desain kaos dakwah adalah aqidah Islam desainer yang menciptakan. Dan hadist bisa menjadi salah satu inspirasi untuk membuat kaos dakwah dari pekerja seni muslim / muslimah.

Beberapa Contoh Kaos Hadist
Untuk memudahkan, kaos dakwah yang mengambil sumber ide dari hadist kita sebut dengan kaos hadist. Sebagimana kita tahu, jumlah hadist yang diriwayatkan oleh para ahli hadist banyak sekali. Hal tersebut menjadi sumber ide yang sangat mencukupi bagi para desainer. Beberapa contoh produk @kaosbapaksholeh yang mengambil inspirasi dari hadist adalah seperti kaos ibumu, rizki takkan tertukar selalu cari yang halal dan bertekad ajak anak istri ke surga Nya.

Jual Kaos Untuk Ayah - Bertekad
Jual Kaos Untuk Ayah – Bertekad

Kaos hadist Bertekad Ajak Anak Istri Ke Surga Nya terinspirasi akan tanggung jawab pemimpin sebagai kepala keluarga dalam Islam. Hal tersebut disampaikan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam dalam hadist riwayat Ibnu Umar Radhiyallahu’anhu berikut :

Dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda: Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorang raja yang memimpin rakyat adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya. Ingatlah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya” (HR Bukhari)

Kaos Muslim Model Ibumu
Kaos Muslim Model Ibumu

Kaos hadist Ibumu ingin mengajak setiap pemakainya untuk berbakti kepada kedua orang tua, desain kaos islami tersebut terinspirasi dari perkataan Rasulullah berikut :
Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Kaos Muslim Rizki Halal
Kaos Muslim Rizki Halal

Sedangkan kaos hadist rizki takkan tertukar, mengajak para ayah semua untuk memperhatikan dalam mencari rizki. Memberikan rizki yang halal kepada keluarganya. Kami mengambil inspirasi desain kaos tersebut dari hadist:

Sesungguhnya Allah Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik, dan sungguh Allah perintahkan mukminin dengan apa yang Allah perintahkan kepada para Rasul, maka Allah berfirman: ‘Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan’ dan berfirman: ‘Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.’ Lalu Nabi menyebutkan seseorang yang melakukan perjalanan panjang, rambutnya kusut masai, tubuhnya berdebu, ia menengadahkan tangannya ke langit seraya berucap: ‘Wahai Rabbku, wahai Rabbku.’ Akan tetapi makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya hararm, disuapi gizi yang haram, bagaimana mungkin doanya terkabul?” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi)

Kedepan, insyaa Allah bisa jadi akan ada desain kaos islami lain yang berasal dari hadist mulia Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wasalam. Kita sebagai kaum muslimin layak untuk bersyukur karena sudah diturunkan inspirasi kehidupan yang sempurna lewat beliau. Tertarik memakai kaos hadist brand @kaosbapaksholeh? Silahkan kontak kami.

Follow :

Brand kaos distro muslim Kaos Bapak Sholeh adalah brand clothing dari Jogja. Kami membuat kaos distro muslim bertema keluarga. Semoga menjadi wasilah untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan mendekat dengan Nya. KLIK >> Mau Beli Kaos Distro Muslim!!! <<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *